Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Berpenduduk Muslim Hanya 5,6 Persen Ternyata 90 Persen Pria Filipina Sudah Disunat


Tahukah anda meskipun Filipina hanya memiliki jumlah penduduk muslim sebesar 5,6 persen, namun ternyata sekitar 90 persen kaum prianya sudah disunat. Sejak dikuasai oleh Pemerintah Kolonial Spanyol selama 300 tahun Filipina menjadi negara dengan mayoritas agama kristen lebih dari 90 persen.

Budaya sunat bagi kaum pria sudah mengakar kuat sejak ratusan tahun meskipun banyak penentangan dari dunia barat kala itu bahkan hingga sekarang. Profesor Romeo Lee dari Universitas De La Salle mengatakan dalam penelitiannya tentang tradisi tersebut : "Sejarah budaya sunat di Filipina dapat ditelusuri kembali sejak kedatangan Islam pada tahun 1450, menurut antropolog Nestor Castro." (scmp.com)

Bagi kaum pra remaja pria Filipina sunat merupakan suatu bentuk syarat untuk memasuki masa dewasa dan menjadi laki laki sejati, bahkan julukan pengecut akan disematkan bagi mereka yang tidak berani melakukan sunat. 

Bagi anak yang sudah di sunat akan diperlakukan berbeda dalam keluarga, mereka akan diberikan tanggung jawab lebih besar sebagai laki laki yang harus melindungi keluarga, dan tidak dianggap sebagai anak kecil lagi. Tentu saja sunat merupakan satu kebanggan sebagaimana umumnya kaum pria di Indonesia yang beragama islam.

Pemerintah Filipina berperan penting dalam membantu pelestarian budaya sunat di negaranya. Setiap tahun Pemeritah menggelar sunatan massal bagi warganya yang tidak mampu membiayai sunatan secara mandiri dibantu oleh komuitas komunitas sebagai panitia penyelenggara, biasanya di bulan April hingga Mei.

Tempat tempat publik seperti sekolah dan gedung olah raga biasa digunakan untuk acara sunatan massal yang di ikuti oleh anak laki laki Filipina berusia mulai sembilan tahun. Ratusan anak akan mengambil nomor untuk mendapatkan antrian.

Kegiatan sunatan massal juga menjadi moment yang menegangkan bagi para orang tua, suara jeritan dan tangis anak anak tak henti henti terdengar selama sunatan massal berlangsung, karena puluhan anak akan ditempatkan di satu ruangan untuk di khitan bersama sama oleh tenaga medis.

Posting Komentar

0 Komentar