Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Malang Diguncang Gempa 6,1 SR Warga Berhamburan, Sejumlah Rumah Rusak


Malang di guncang gempa besar berkekuatan magnitudo 6,1 hari ini, Sabtu (10/4/2021) banyak video dan foto beredar di media sosial gempa tersebut mengakibatkan kepanikan warga.

Di tempat tempat perbelanjaan dan di perkampungan warga berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri. Banyak rumah terlihat rusak bahkan roboh.

Dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut juga dirasakan di Yogyakarta, Lombok Barat, sampai sejumlah daerah di Bali.

Adapun di Yogyakarta, skala Modified Mercalli Intensity atau MMI Berada di level III. Daerah seperti Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar berada di level yang sama.

Sementara untuk level II yakni ada di Denpasar, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, dan Klungkung.

Sementara level IV di rasakan di Karangkates, Malang. Daerah Blitar, Trenggalek, dan Jombang berada di tingkatan Level III dan IV.

Adapun penjelasannya, level I MM Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang. Level II getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Untuk level III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan level IV, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Namun BMKG menyatakan hempa tersebut tidak berpotensi sunami, hanya dihimbau waspada jika mungkin ada gempa susulan.




Sumber BMKG.
 

Posting Komentar

0 Komentar