Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Beli Mobil Baru Dapat Relaksasi PPnBM, Begini Nasib Penjual Mobil Bekas Di Denpasar Sekarang


Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memberlakukan relaksasi atau insentif atas Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil baru sejak Maret 2021. Keputusan tersebut di tuangkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20 / PMK.010 / 2021 tentang PPnBM.

Adapun dalam pasal 5 aturan tersebut, relaksasi PPnBM berlaku mulai Maret hingga Desember 2021 dengan tarif sebagai berikut :

-  Pemerintah memangkas tarif PPnBM atas pembelian mobil baru sesuai kriteria di atas sebesar 100 persen mulai 1 Maret-Mei 2021. 

- Tarif PPnBM yang berlaku pada Juni sampai Agustus 2021 berkurang menjadi 50 persen. 

- PPnBM bagi mobil baru untuk periode September sampai Desember 2021 berkurang lagi menjadi hanya 25 persen.

Praktis harga mobil baru mengalami penurunan 10 harga 15 Juta. Lalu bagaimana dengan nasib para pengusaha jual beli mobil bekas ?

Tim majapost.com mencoba mencari informasi kepada salah seorang pelaku bisnis jual beli mobil bekas yang ada di Jalan Kendedes No. 6 Ubung Kaja, Denpasar.


Saat kami tanyakan perihal pengaruh relaksasi PPnBM terhadap penjualan mobil bekas, Fahmi Abdullah Jawas pemilik showroom Anugerah Perdana Motor tersebut dengan spontan menjawab : 

"Yang berpengaruh itu pandemi bukan turunya harga mobil baru, karena sejak April 2020 harga mobil bekas sudah turun rata rata 20 sampai 30 juta."

"Jadi meskipun mobil baru turun 10 sampai 15 juta, harga mobil bekas masih jauh lebih murah. Insentif PPnBM juga  gak berlaku untuk semua jenis mobil, hanya untuk cc dibawah 1.500 " tandasnya. 

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan "Kita memang pernah merugi hingga 30% per mobil yg kita jual pada saat bulan april tahun lalu karna efek pendemi melemahkan daya beli konsumen."

"Tapi sejak bulan agustus 2020 grafik penjualan sudah mulai progres, kita sudah bisa cari untung meskipun belum maksimal. Kebetulan kita juga antisipasi dengan meningkatkan pelayanan, diantaranya hanya menjual mobil dengan kualitas terbaik, orisinil total luar dalam, kondisi mesin fit, garansi mesin dan transmisi satu bulan."

"Artinya saya jual mobil bekas rasa mobil baru dan bergaransi, itu sudah di buktikan oleh konsumen konsumen AP Motor sejak 2008. " Pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar