Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Gunung Kuncung Diruwat Sejumlah Ormas, Dandim 0814 Jombang Letkol Inf. Triyono Hadir Berikan Dukungan

Dandim 0814 Jombang Letkol Inf. Triyono disela sela kegiatannya bersama Kodim Motocross Jombang (KMC) menyempatkan hadir di Gunung Kuncung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang untuk memberikan dukungan terhadap sejumlah ormas, akademisi, dan masyarakat yang sedang melakukan kegiatan bhakti sosial pelestarian alam di situs Gunung Kuncung, Minggu (25/10/2020).

Bhakti alam yang diberi tajuk "Ruwet, Ruwat, Rawat" ini di inisiasi oleh GP Ansor Jombang yang membuat kegiatan program yang berfokus pada lingkungan dengan nama Ansor Waste Solution (AWAST) berkolaborasi dengan berbagai komponen komunitas, ormas, akademisi maupun masyarakat diantaranya PAC Ansor Wonosalam, DLH, Mapala, Universitas NU Surabaya (UNUSA), Garda Sampah, Yayasan Inisiatif, dan lainnya dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Acara yang digelar berupa doa bersama untuk keselamatan bangsa khususnya di wilayah Jombang dan sekitarnya, pembersihan sampah, penanaman pohon, pelepasan burung, dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran akan bahaya sampah.


Chokro salah seorang juru kunci situs Makam Gunung Kuncung menjelaskan : "Kegiatan ini lahir oleh kerisauan akan dampak pembuangan sampah secara sembarangan di Wonosalam dan kegiatan penebangan pohon yang berpotensi akan menyebabkan banjir di musim hujan yang sebentar lagi akan datang."

"Selanjutnya segala Ruwet di gunung kuncung ini akan kami Ruwat dan kami Rawat." pungkasnya.

Sedangkan Letkol Inf. Triyono dalam kesempatan tersebut berpesan kepada para warga dan ormas yang hadir bahwa : "Dalam permasalahan warga dan permasalahan bangsa, TNI turut berberan serta dan hadir dalam kondisi apapun, baik dalam hal edukasi maupun kegiatan fisik."

Dandim menambahkan "Masyarakat tidak usah resah, tidak usah pesimis, tidak usah merasa saya berjuang sendiri. Tapi kita TNI, warga kita berjuang bersama sama menghadapi segala sesuatu yang di hadapi bangsa." tegasnya.

Posting Komentar

0 Komentar