Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Viral Muncul Saingan Sunda Empire, Cetak Uang Sendiri dan Mengubah Lambang Burung Garuda


Di Garut, Jawa Barat masyarakat di gegerkan dengan beredarnya video kegiatan ormas yang perilakunya mirip dengan Sunda Empire. Dalam video yang beredar tersebut kelompok yang menamakan diri Paguyuban Kandang Wesi Tunggal Rahayu ini dalam kegiatannya menampakkan panji panji dengan lambang menyerupai Lambang Negara Burung Garuda namun sudah di modifikasi.

Lambang Burung Garuda dirubah dibagian kepala menghadap ke depan yang seharusnya menghadap ke samping, serta diberi mahkota. Semboyan Bhineka Tunggal Ika juga ditambahi dengan kata Soeneta Legawa. 

Paguyuban yang kabarnya sudah berdiri sejak tujuh bulan lalu itu bahkan berani mencetak uang sendiri dengan gambar pemimpinnya yang berpose mirip Bung Karno, foto foto uang tersebut juga sudah banyak beredar di dunia maya.

Paguyuban ini menarik anggotanya dengan iming iming dibebaskan dari segala hutang dengan menggunakan uang dari Bank Swiss

Hal itulah yang membuat masyarakat heboh, begitu juga Kesbangpol Kabupaten Garut saat menerima pengajuan ijin aktifitas paguyuban beberapa waktu lalu. Kesbangpol menilai pengubahan Lambang Burung Garuda melanggar ideologi negara sehingga perlu dilakukan investigasi dan belum akan mengeluarkan ijin sebelum jelas kegiatan paguyuban ini tidak melanggar ketentuan negara.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Garut mengatakan : "Ini akan diterbitkan sanksi sampai dengan pencabutan ijin itu yang punya legal formal, apalagi lembaga (paguyuban) ini belum ada proses perijinannya. Jangankan untuk Akta Hukum Umum (AHU) yang diterbitkan Kemenkumham atau mungkin Surat Keterangan Terdaftar yang diterbitkan oleh Kemendagri, Akta Notaris saja dia gak punya ! (Kompastv)

Kasus ini tengah di proses secara hukum.

Posting Komentar

0 Komentar