Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Presiden Jokowi Tak Pernah Lupa Memperjuangkan Palestina Di Forum Dunia.


Pidato Presiden RI Joko Widodo disampaikan hari ini, Rabu (23/09/2020) pada Sidang Majelis Umum ke-75 PBB. Pidato virtual berbahasa Indonesia tersebut diupload di kanal Youtube Sekretariat Presiden berdurasi 9.30 menit.

Presiden Jokowi mengingatkan kembali kepada dunia bahwa 75 tahun yang lalu PBB dibentuk agar Perang Dunia ke II tidak terulang kembali. PBB dibentuk agar dunia bisa lebih damai, stabil, dan sejahtera, karena Perang tidak menguntungkan siapapun.

Menurut Presiden Jokowi cita cita PBB masih belum tercapai, konflik, kemiskinan, dan kelaparan masih ada di berbagai belahan dunia. Penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah masih banyak yang tidak di indahkan.

Keprihatinan lebih besar di kala pandemi covid-19 yang mana seharusnya semua negara saling bekerja sama saling menguntungkan, malah menunjukkan perpecahan dan rivalitas yang semakin menajam. Dunia yang damai, stabil dan sejahtera semakin sulit di wujudkan karena pijakan bagi dunia dan perdamaian goyah.

Indonesia akan terus menjaga komitmen sebagai bagian dari solusi secara konsisten termasuk saat Indonesia duduk sebagai dewan keamanan PBB. Tanpa meninggalkan satu negarapun Indonesia selalu mengedepakan spirit kerjasama dengan semua pihak.

Persamaan derajat inilah yang di tekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia Soekarno, saat Konferensi Asia Afrika di Bandung Tahun 1955 yang menghasikkan Dasa Sila Bandung yang mana masih sangat relevan dalam menyelesaikan perselisihan secara damai, kemajuan kerjasama, dan penghormatan terhadap Hukum Internasional.

Presiden Jokowi juga tak lupa membawa nama Palestina utuk di perjuangkan, di tengah pidato tersebut menyoal sejarah Konferensi Asia Afrika, Beliau mengatakan : 

"Palestina adalah satu satunya negara yag hadir di konferensi Bandung yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan kepada Palestina untuk mendapatkan hak haknya."

Di kawasan Asia Tenggara Presiden Jokowi juga menyinggung peran Indonesia dan spiritnya yang selalu menjaga kawasan. Presiden juga memberikan pesan yang menarik kepada PBB :

"PBB bukanlah sekedar sebuah gedung di kota New York, tapi sebuah cita cita dan komitmen bersama seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia dan kesejahteraan bagi generasi penerus."

Ditutup dengan pesan Jokowi kepada dunia yang intinya mengajak semua bangsa untuk bekerja sama dalam menangani semua masalah dunai.

Posting Komentar

0 Komentar