Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Barik'an Jadi Momentum Jutaan Rakyat Lakukan Doa Bersama Merdeka Dari Covid-19 Di Malam Kemerdekaan

 

Ada yang spesial di setiap malam hari Kemerdekaan 17 Agustus, begitu pula di malam Kemerdekaan tahun 2020 ini. Jutaan warga menggelar barikan di kampung, RT, RW, atau dusun masing masing terutama di Jawa Timur. Momen ini sangat di tunggu tunggu oleh rakyat terutama di pedesaan, apalagi bagi anak anak, dan tak pernah di tinggalkan.

Tak jelas sejak kapan tradisi barikan ini dimulai, namun yang pasti sudah turun temurun sejak nenek moyang. Ada yang mengatakan barikan diambil dari bahasa arab yaitu barokah, yang maksudnya bersyukur atas berkah yang diiberikan oleh Allah SWT, atas hasil bumi dan sebagainya.

Dewasa ini barikan mengalami penyempitan makna yakni doa bersama di malam hari Kemerdekaan, untuk mengunkapkan rasa syukur kita terhadap Kemerdekaan negara yang kita nikmati selama ini. Seluruh rakyat membawa makanan masing masing baik berupa jajanan pasar, maupun nasi tumpeng.

Di pimpin oleh sesepuh desa atau pun sesepuh agama bersama sama memanjatkan doa untuk kemakmuran, dan keamanan bangsa dan negara. Di tahun ini ritual barikan dimanfaatkan pula oleh jutaan warga masyarakat untuk berdoa bersama agar bangsa Indonesia segera di bebaskan dari pandemi covid-19.

Seperti halnya di Dusun Bulu, Desa Gedangan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Malam kemerdekaan tahun ini barikan di adakan di beberapa titik di dalam satu RT dengan jumlah paling banyak peserta maksimal hanya 30 orang per titik.

Tidak seperti tahun tahun sebelumnya satu RT bisa jadi satu lokasi, hal ini disengaja demi menjaga protokol kesehatan pencegahan covid-19, menghindari kerumunan masa dalam jumlah besar. Selain berdoa untuk bangsa, warga Dusun Bulu juga memanfaatkan barikan ini untuk bersyukur kepada Allah SWT karena jembatan penghubung jalan utama di Desa tersebut saat ini sedang dibangun setelah kurang lebih 17 bulan yang lalu hancur terhantam banjir bandang.

Posting Komentar

0 Komentar