Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Pemberlakuan New Normal Hari Pertama Di Bali


Setelah tiga bulan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kamis (09/07/2020) akhirnya pemerintah memberlakukan hari pertama New Normal di Bali. Tempat tempat wisata yang biasa sepi kini ramai di kunjungi. Masyarakat menyambut kembira keputusan pemerintah agar kembali bisa melakukan kegiatan publik namun dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Sebelumnya pihak berwenang telah membatasi kegiatan publik dengan menutup bandara, toko, bar, restauran, kolam renang dan tempat wisata lain. Kini empat juta warga lokal dapat menikmati kembali  tempat wisata. Nampak penjaga pantai kewalahan mengisi tempat tempat air untuk cuci tangan karena banyaknya pengunjung

Namun bagi warga asing yang ingin berkunjung ke Bali masih harus menunggu hingga bulan september. Gubernur Bali I Wayan Koster dalam konferensi pers menyatakan akan membuka kembali tempat tempat wisata secara bertahap untuk penduduk lokal, dan orang orang asing yang terjebak di pulau Bali tak bisa pulang selama wabah.

Untuk warga Indonesia dari luar Bali baru boleh berwisata pada 30 Juli, sedangkan wisatawan asing diperkenankan datang pada 11 September 2020.

Diberlakukannya New Normal di Bali akan dilakukan pengawasan dan pantauan. Jika timbul lonjakan kasus covid-19 tidak menutup kemungkinan akan di berlakukan kembali PSBB. I Wayan Koster menambahkan : 

"Pandemi covid-19 telah memukul sektor pariwisata yang berakibat sangat buruk, dan kita tidak pernah tahu kapan akan berakhir. Namun bagaimanapun Bali harus tetap menghidupkan lagi perekonomian untuk mencegah masalah baru akibat tekanan ekonomi."

Akibat pandemi ini kunjungan wisatawan mancanegara merosot hingga 96%. Tercatat sebanyak 2.500 wisatawan yang memperpanjang visa untuk menghindari hukuman, namum jumlah yang terjebak tak dapat pulang kembali ke negaranya tidak diketahui pasti.

Sampai dengan malam ini di Provinsi Bali terkonfirmasi kasus covid-19 sebanyak 2.024, 1171 sembuh, dan 26 meninggal dunia. Sedangankan keseluruhan di Indonesia telah tercatat 70.736 terkonfirmasi, 32.651 sembuh, dan 3.417 meninggal dunia. Dan di dunia telah lebih dari 12,1 juta terkonfirmasi, 6,61 juta sembuh, dan 550 juta lebih meninggal dunia


Posting Komentar

0 Komentar