Breaking News

8/recent/ticker-posts

Header

Fatwa Buya Yahya : Youtuber Sholeh Jangan Berhenti Berkarya Agar Youtube Tidak Dikuasai Musuh Allah


Bukan rahasia umum lagi bahwa platform berbagi video 'youtube' adalah salah satu media yang mampu mendatangkan penghasilan paling besar saat ini. Sebut saja Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Ria Ricis dan lain lain adalah para youtuber papan atas yang berpenghasilan hingga milyaran rupiah tiap bulan.

Bahkan tren para artis televisi juga beramai ramai merambah dunia youtube untuk mendatangkan pundi pundi uang. Namun bagaimanakah hukum mendapatkan penghasilan dari youtube sesuai syariat islam ? dimana masih banyak dari kalangan masyarakat yang menganggap hal itu subhat. Mari kita simak pendapat Buya Yahya tentang hal ini.

Dalam sebuah video di youtube akun Al Bahjah berdurasi 7:33 menit, Buya Yahya menjawab pertanyaan diatas dari salah seorang jamaah bernama Sonia dari Jakarta : "Bagaimanakan hukumnya menjadi seorang youtuber ? "

Buya menjelaskan : "Youtube adalah media yang apabila digunakan untuk kebaikan maka akan menjadi baik, jika digunakan untuk kejelekan akan menjadi jelek. Youtube tidak beda dengan media media lain, bahkan saat ini umat Nabi Muhammad harus serius dalam mendalami media termasuk youtube."

"Orang orang jahat menyebar fitnahpun menggunakan youtube, dulu pakai radio, televisi, sekarang youtube." artinya fitnah harus dilawan dengan youtube pula, maka jangan sampai youtube dikuasai oleh orang orang jahat.

Seterusnya buya memberikan tinjauan dari hukumnya menonton youtube ada 2 hal, yaitu menjadi harom jika yang kita tonton konten pengundang syahwat, fitnah, pemikiran pemikiran sesat, maupun konten buruk lain. Dan menjadi boleh kalau yang kita tonton adalan konten kebaikan.

Begitu pula dengan youtuber, apabila kita membuat video dengan muatan yang buruk akan menjadi haram. Jika video kita bermuatan manfaat dan kebaikan seperti tentang kesehatan, agama, urusan keamanan kemasyarakatan akan menjadi boleh bahkan mendapatkan pahala.

Lalu apa hukumnya uang yang didapat dari youtube ? Buya memberikan fatwa bahwa uang yang didapatkan dari youtube biasanya berasal dari iklan atau promo. Maka dilihat promonya, jika promonya tentang kesesatan maka tidak boleh, jika promonya bermanfaat atau tidak menentang syariat maka menjadi halal.

"Jika masih bisa memilah maka harus kita pilah, jika tidak bisa dipilah karena diluar kekuasaan kita Insya Allah masih HALAL. Cuma yang perlu waspada adalah yang nonton, sebab ini nanti kalau di stop maka youtuber yang soleh akan berhenti 'berkarya' dan youtube akan dikuasai oleh musuh - musuh Allah !"

Berikut video fatwa Buya Yahya :


Posting Komentar

0 Komentar